Senin, 23 November 2015

Titik Linarti, Ketua TP PKK Kec Tenggilis Mejoyo


Titik Linarti, Ketua TP PKK Kec Tenggilis Mejoyo
KEMBANGKAN UMKM KADER
Kemeriahan memenuhi salah satu ruangan di gedung paling barat komplek kantor TP PKK Kota Surabaya. Beberapa meja kursi ditata sedemikian rupa menyerupai suasana jamuan makan. Namun bukan jamuan makan, melainkan lomba menyajikan menu makanan bagi anak autis. Pesertanya merupakan Ketua TP PKK Kec Se-Kota Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian lomba dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 43 TP PKK Kota Surabaya.
Titik Linarti, Ketua TP PKK Kec Tenggilis Mejoyo ditemui usai penilaian lomba nampak sumringah dan riang. Tak jarang ia bersama Ibu Ketua TP PKK Kec lainnya berselfi ria memperlihatkan hasil kreasi menu masakan yang disajikan.
“Perasaannya senang ya, bisa bertemu dengan ibu Ketua TP PKK Kec yang lain. Bersilaturahmi, berbagi pengalaman. Pokoknya banyak manfaatnya,” tutur Titik.
Dikatakan TItik, selain dalam rangka Peringatan HKG PKK Ke 43, lomba ini juga merupakan tindak lanjut dari sosialisai yang pernah diadakan TP PKK Kota Surabaya terkait menu makanan bagi anak autis. Dalam sosialisasi tersebut, para kader PKK Kec diberikan pengetahuan terkait makanan yang boleh maupun tidak bagi anak autis. Hal ini terkait proses penyembuhan anak autis yang terbilang sulit. Sehingga melalui makanan, diharapkan mampu memberikan asupan nutrisi yang baik bagi perkembangan hormonnya.
Terkait susunan menu yang dipilih, Titik mengaku melakukan searching melalui internet. Baik yang berkaitan dengan bahan makanan yang dipakai maupun kandungan yang seharusnya ada atau tidak dalam menu makanan anak autis. Setelah mengetahui hal itu barulah ia memadukannya menjadi sebuah masakan.
Mengaku senang dan bangga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Titik Linarti menyadari bahwa masing-masing peserta menyajikan menu terbaik dari masakan mereka. Sehingga dirinya tidak terlalu berambisi untuk mendapatkan predikat juara.
“Optimis atau tidak itu saya kira relatif ya, karena saya lihat semuanya juga bagus-bagus. Jadi kalau masuk ya Alhamdulillah, kalau tidak ya untuk pengalaman aja bahwa kita bisa masak untuk anak autis,” ujar Titik masih dengan wajah sumringahnya.
Dilain pihak, ditanya mengenai kegiatan PKK di Kec Tengglilis Mejoyo, Titik menjelasakan bahwa sejauh ini kegiatan TP PKK yang dipimpinnya selalu aktif. Setiap kegiatan maupun sosialisasi rutin dilakukan, sinergis dengan agenda yang dilakukan di TP PKK Kota Surabaya. Ia bahkan tidak segan untuk memanggil narasumber guna memberikan sosialisai tertentu terhadap kadernya di Kelurahan. Selanjutnya dari kelurahan sosialisasi tersebut ditindaklanjuti di tingkat dasawisma.
“Kalau ada kegiatan apa di PKK Kota, penyuluhan, sosialisasi, langsung kami turunkan ke keluarahan. Tidak pakai menunda-nunda biar tidak lupa,” terang ketua TP PKK yang telah menjabat selama empat tahun tersebut.
            Disamping itu, dalam upaya meningkatkan pendapatan kader, TitIk bersama TP PKK Kec juga aktif mendorong pengembangan Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM). Baik melalui pelatihan maupun pemberian dukungan modal bagi pelaku usaha melalui UP2K PKK. Harapannya, semakin sejahtera seorang ibu maka perekonomian keluarga terangkat dan keluarga menjadi lebih sejahtera.
“Saat ini banyak kader kami yang sudah bisa membuka usaha baru. Di PKK kita tidak hanya bisa menyalurkan hobi, silatuirahmi, juga meningkatkan pendapatan,” pungkas perempuan kelahiran Surabaya, 16 Februari 1968 tersebut.
(ati,via)

BIODATA
Nama  : Titik Linarti
TTL      : Surabaya, 16 Februari 1968
Suami  : Chairul Anwar
Anak    : 5 Orang
Alamat            : Jl. Rajawali 15 A Rewwin Waru Sidoarjo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar