Senin, 23 November 2015

Husni, Mantan Kades Waruk Kec Karangbinangun Kab Lamongan (1997-2007)


Apa Kabar Dongkol?
Husni, Mantan Kades Waruk Kec Karangbinangun Kab Lamongan (1997-2007)

PENSIUN KADES, KELOLA BUMDES

Post power syndrom, kerap dialami mantan kades yang tak lagi memiliki kesibukan. Namun tak demikian halnya dengan Husni, mantan Kades Waruk Kec Karagbinangun Kab Lamongan. Selang setahun setelah tak lagi menjabat, ia didaulat menjadi Ketua BUMDes hingga sukses meraih prestasi di tingkat Prov Jatim. Seperti apakah?


Gurat senyum bangga dan bahagia tak pernah lepas dari wajah pria kelahiran Lamongan 50 tahun yang lalu tersebut. Ditemui di sela acara penerimaan hadiah dan penghargan bagi BUMDes berprestasi tingkat Prov Jatim, Ahad, 16 Agustus 2015, Husni menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang tidak disangkanya tersebut.
Gak nyangka bisa juara dua, sama sekali tidak terpikir sebelumnya,” ujar Husni yang kini menjabat Ketua BUMDes Sentosa Abadi tersebut.
Husni memang tidak sendiri, bersamanya ada tiga BUMDes lain yang juga mendapat prestasi serupa. Pengelolaan dan aspek kemanfaatan bagi masyarakat merupakan beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Beberapa BUMDes tersebut diantaranya BUMDes Sekar Mulia Blitar (Juara I), BUMDes Sekapuk Gresik (Juara III), dan BUMDes UPK Sejahtera Bojonegoro (Juara IV).
Pengalamannya sebagai kades dua periode, sejak 1991-2007 tak bisa dianggap remeh. Dia menjadi satu-satunya orang yang langsung dipercaya memimpin BUMDES yang dirintis pada kisaran November 2012 tersebut. Sebelumnya, Husni juga merupakan Ketua Unit Pengelolaan Keuangan (UPK) dibawah Program Gerdu-Taskin (Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan)  yang ada sejak tahun 2008. Dimana UPK tersebut merupakan embrio dari BUMDes yang kini diberi nama Sentosa Abadi tersebut.
Lantas apakah kiat sukses yang dilakukan Husni dalam mengelola BUMDes? Ayah dua anak tersebut mengaku menerapkan prinsip 4T, Temen, Tekun, Teliti, dan Telaten. Temen (sungguh-sungguh, red), artinya dalam menjalankan tugas dan kewajibannya Husni selalu bersungguh dan tidak mudah beralih pekerjaan sebelum yang dilakukan tuntas. Tekun, tidak peduli besar atau kecil yang dilakukan, semua diupayakan untuk dilakukan dengan baik. Kemudian teliti, mengingat ia dan pengurus BUMDes pada umumnya berhubungan dengan pengelolaan keuangan yang tidak bisa disepelekan.
“Urusannya kan sama uang, jadi memang harus teliti. Kemudian harus telaten, karena setiap hari kita ini sibuk dengan angka-angka, menghitung uang yang bukan uang sendiri. Kalau tidak telaten, mungki tidak akan ada pengurus yang mau repot-repot. Mending kerja pabrik, jelas gajinya,” terang Husni diselingi tawa riang.
Berbekal prinsip 4T itulah, Husni dan segenap pengurus tetap komitmen untuk mengelola BUMDes demi kesejahteraan masyarakat. Meski di sela kesibukan mengelola BUMDes, ia dan kawan-kawan tetap harus berbagi waktu untuk bekerja menghidupi keluarga.
Terkait usaha yang dikembangkan, BUMDes Sentosa Abadi terbilang cukup bervariatif. Mulai dari unit simpan pinjam, jasa dan pemasaran yang diantaranya mengelola pengkreditan barang kebutuhan rumah tangga, sarana produksi pertanian, Industri dan kerajinan rumah tangga, kemitraan usaha, hingga bank sampah. Dari berbagai unit usaha tersebut, modal awal yang sebelumnya sekitar 270 juta, kini telah berkembang menjadi 500 juta lebih.
“Dulu saya memang sempat malu. Mantan kades kok masih ngurusi uang desa. Tapi berkat dorongan masyarakat dan dukungan istri saya akhirnya bersedia. Yang penting niat saya ikhlas untuk membantu masyarakat,” kenang Husni.
Kini, setelah sukses meraih prestasi perjuangan Husni tetap tidak berhenti. Ia bertekad untuk terus mengembangkan BUMDes dengan mengembangkan unit usaha lain yang mendukung. Seperti peningkatan keterampilan ibu rumah tangga dan pembuatan fermentasi pakan ternak. Bahkan meski mendekati masa pensiun, ia dengan senang hati mengaku akan tetap membantu kegiatan BUMDes, kendati dari belakang layar.
“Kalau didalam peraturan BUMDes saya memang harus pensiun. Karena batasnya 50 tahun. Tapi teman-teman kok enggan saya suruh cari pengganti,” pungkas pria berkacamata yang menggenapkan usia pada 26 September tersebut. (hay)

BIODATA
Nama     : Husni
TTL         : 26 September 1965
Jabatan  : Ketua BUMDes Sentosa Abadi
Alamat   : Desa Waruk RT 03 RW 01 Kec Karangbinangun Kab Lamongan
Istri        : Nur Abidah Kholis
Anak       :
1.          Faridatul Ma’shumah
2.          Syamsu Dhuha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar