Senin, 23 November 2015

Qowitono, Ketua Upku Karya Sehati Tuban


Qowitono, Ketua Upku Karya Sehati Tuban
Juara II UPKu Tk Prov Jatim 2015

TEPIS BANK THITHIL, BANTU RAKYAT KECIL

Bagai makan buah simalakama. Keberadaan bank thithil memang cukup merugikan. Namun disaat yang bersamaan, masyarakat yang tidak bisa mengajukan pinjaman pada bank umum terpaksa memilih terjebat di tangan lintah darah tersebut. Karenanya keberadaan Unit Pengelola Keuangan dan Usaha (UPKu), bak angin segar bagi masyarakat kecil.
Demikian halnya dengan keberadaan UPKu Karya Sehati Kel Gedongombo Kec Semanding Kab Tuban. Keberadaannya sejak tahun 2010 telah banyak membantu kebutuhan keuangan masyarakat melalui salah satu unit simpan pinjma yang dikelolanya. Tak hanya itu, UPKu Karya Sehati juga mengembangkan usaha di bidang dekorasi pengantin dan persewaan tenda pesta (terob).
Bermodalkan dana hibah Pemprov Jawa Timur tahun 2010 sebesar Rp 77 juta, dalam lima tahun omset telah berlipat menjadi Rp 250 juta. “Alhamdulillah, usaha yang kami kelola cukup menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Qowitono, Ketua UPKu Karya Sehati.
Ditemui di sela acara Penerimaan Penghargaan Evaluasi UPKu Berhasil 2015 oleh Bapemas Prov Jatim, Minggu, 16 Agustus 2015, Qowitono mewakili UPKu Karya Sehati yang terpilih sebagai Juara II. Atas prestasi tersebut UPKu Karya Sehati setidaknya mendapatkan tambahan dana berupa uang pembinaan sebesar Rp. 19 Juta.
Ditanya mengenai prospek pengembangan usaha, Qowitono berencana mengembangkan di bidang entertainment yang sebelumnya sudah digeluti. Setelah sukses di bidang Simpan Pinjam, Persewaan terop, dan dekorasi pengantin akan dikembangkan pula persewaan sound system.
“Karena usaha yang saling terkait akan lebih mudah untuk dikembangkan. Nah, kalau ada bantuan lagi untuk pengembangan usaha itu, kami akan sangat senang,” tutur Qowitono setengah berkelakar.
Kaitannya dengan prestasi yang diraih, Qowitono mengaku tidak memiliki resep khusus. Bahkan dirinya mengaku tidak pernah berpikir bisa mnedapat predikat sebagai Juara II UPKu berhasil. Pasalnya, selama ini penegelolaan keuangan UPKu terkesan biasa saja. Jika ada hal yang mungkin dianggap baik dalam penilaian, menurut Qowitono, adalah laporan administrasi keuangan yang tertib dan perkembangan UPKu dari sisi modal dan keuntungan.
“Seperti halnya koperasi, setiap tahun  disampaikan laporan pertanggungjwaban,” ujarnya. Laporan  pertanggungjawaban disampaikan setiap tahun pada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sedang  laporan triwulan disampaikan kepada Pemkab melalui Bapemas Kab Tuban.
Warga Jl Cokroaminoto Gang Pasar Hewan Tuban ini juga berharap, kemenangan tersebut bukan menjadi akhir. Kedepan, pembinaan dari SKPD terkait tetap mutlak dibutuhkan. Agar UPKu yang pernah meraih juara bisa terus survive.
            Selain pengelolaan yan baik, Qowitono juga menjelaskan bahwa salah satu kunci sukses UPKu Karya Sehati juga didukung pengurus yang memiliki loyalitas tinggi. Sebagian besar pengurus merupakan pihak swasta dengan berbagai latar aktifitas ekonomi, sehingga kegiatn di UPKu sepenuhnya menjadi pengabdian tanpa mengharap keuntungan materi.
“. Semangat kami ya, bagaimana UPKu ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan pemerintah dan bisa membantu masyarakat kecil itu saja,” pungkas suami Lasminah tersebut mengakhiri pembicaraan. (hay,eru)



BIODATA
Nama              : Qowitono
TTL                  : Tuban, 9 Maret 1972
Alamat                        : Jl Hos Cokroaminoto gang Pasar Tuban
Jabatan            : Ketua Upku Karya Sehati
Istri                  : Lasminah
Anak                :
1.      M Rizky Pratama
2.      Nadia Dwi Ramadani
             

sp; 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar