Senin, 23 November 2015

Hj Nurul Hidayah, Ketua TP PKK Kel Grati Tunon Kec Grati Kab Pasuruan


Hj Nurul Hidayah, Ketua TP PKK Kel Grati Tunon Kec Grati Kab Pasuruan

NIAT MENGABDI KE MASYARAKAT
           
Berkecimpung dalam keorganisasian PKK bukan lagi hal baru bagi Hj Nurul Hidayah. Setidaknya telah tiga kali pergantian Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan yang dirasakannya. Tahun 2002, Hj Nurul pertama kali menjabat sebagai Ketua TP PKK Desa Kedaung Kulon hingga tahun 2009. Lantas, H Muhammad Surono , sang Suami diangkat menjadi Lurah Grati Tunon Kec Grati, hingga sekarang.
Pasang surut kegiatan di TP PKK pun bukan lagu baru baginya. Karenanya ia tidak heran apalagi canggung ketika harus mengahadapi berbagai karakter orang. Di kegiatan PKK yang sepenuhnya merupakan kegitan sosial, tak jarang ada orang yang hanya datang ketika ada fee. Bukan murni karena panggilan jiwa sosial.
Menghadapi hal itu, Hj Nurul pun mengambil langkah mudah. Tetap menjalankan kegiatan kendati hanya bersama segelintir orang yang dinilainya memiliki dedikasi dan loyalitas. Baginya yang terpenting adalah bagaimana kegiatan PKK dapat berjalan sebagaimana yang diamanahkan TP PKK Kecamatan.
“Semua orang itu memang tidak sempurna. Sampai kadang saya juga heran. Diajak kegiatan ogah-ogahan. Giliran saya ajak yang semangat, dibilangnya pilih kasih,” tutur Hj Nurul kala ditemui di salah satu kediamannya di Desa Kedaung Kulon medio September lalu.
Namun hal itu tidak menyurutkah langkahnya untuk memimpin kegiatan TP PKK di Kel Grati Tunon. Ia juga kerap dengan percaya diri mengikuti berbagai kegiatan yang digelar TP PKK Kec Grati, meskipun dengan kemampuan seadanya.
Baru-baru ini, dirinya yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan vocal tetap mengikuti lomba samroh yang digelar kecamatan dalam rangka memperingati Hari Besar Nasional. Tak sia-sia, keberaniannya diganjar predikat juara II. Termasuk juga Juara III dalam kreasi membuat tumpeng dalam kesempatan yang sama.
“Kalau saya sih nekat aja. Bisa gak bisa maju,. Daripada saya harus bayar denda. Kan lebih enak uangnya disimpan untuk kas kegiatan,” jelas Hj Nurul yang juga akrab dipanggil Bu Inggih (Ibu Petinggi= Ibu Inggih, julukan untuk istri kades atau lurah di Kab Pasuruan).
Selain berbekal semangat dan keberanian, Hj Nurul juga tidak segan nomboki kegiatan TP PKK. Dana dari ADD sebesar 21,5 juta rupiah kerap tidak mampu memback up seluruh kegiatan TP PKK. Terutama sejak kepemimpinan Hj Lulis Irsyad Yusuf, yang diakui memiliki banyak sekali program dibanding sebelumnya.
Sebagai penyemangat, kocek pribadi dirogoh untuk sekedar member souvenir atau doorprize bagi anggota PKK pada momen-momen tertentu. “Kata Pak Lurah, biar ada sodakohnya. Biar tambah berkah hidupnya dan kader juga semakin semangat’ selingnya riang.
Hj Nurul mengaku masih memiliki banyak angan-angan untuk kegiatan TP PKK. Baik di Kelurahan Grati Tunon, maupun jika nantinya kembali diberi kesempatan memimpin kembali TP PKK Kedaung Kulon. Salah satunya berkeinginan untuk menggelar pelatihan aneka kerajinan, menciptakan ikon makanan khas desa, dan beberapa kegiatan pemberdayaan lainnya.
Ia berharap, bahwa kegiatan TP PKK yang sempat mati suri bisa kembali aktif. Masyarakat juga bisa merasakan manfaat dari adanya kegiatan PKK. Khususnya untuk pengembangan keahlian yang pastinya berguna bagi kesejahteraan masyarakat.
“Kegiatan sosial itu kalau dibilang berat ya berat. Dianggap enteng ya enteng. Jadi dijalani saja. Kalau suami, saya akui memang suka sekali sibuk kegiatan sosial, nah saya jadinya katut (terpengaruh) ” ujar Hj Nurul diselingi tawa renyah memungkasi. (ati,via)



BIODATA
Nama              : Hj Nurul Hidayah
TTL                  : Pasuruan, 8 Oktober 1964
Suami              : H Muhammad Surono
Anak                : tiga orang
1.      Eka Susiantini
2.      Ridho Dwi Sukma
3.      Resy Tri Wilujeng
Cucu                : tiga orang
1.      Salwa Imtiyaz Salsabil
2.      Sabrina Nabilatus Salma
3.      Mutihurrahman
Prestasi           :
1.      Juara II Samroh HUT RI Ke 70 PHBN Kec Grati 2015
2.      Juara III Lomba Membuat Tumpeng Kec Grati 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar