Senin, 08 Februari 2016

Riyanto, Perusahaan Terbaik I Pembina Tenaga Kerja Wanita


INTINYA KESEJAHTERAAN PEKERJA

Perusahaan dan tenaga kerja membentuk hubungan simbiosis mutualisme. Karenanya, hubungan baik keduanya menjadi pondasi penting perusahaan untuk tetap survive. Itulah satu dari sekian banyak  kunci sukses PT Rukun Jaya Makmur yang beberapa waktu lalu didaulat sebagai Perusahaan Terbaik I Pembina Tenaga Kerja Wanita. Seperti apakah?


            Kesejahteraan, itulah yang menjadi fokus utamanya dalam menjalankan usaha. Artinya, setiap program yang dilakukan bermuara pada satu upaya, yakni mencapai dan memberikan kesejahteraan pada para pekerjanya. Adalah Riyanto, Dirut PT Rukun Jaya Makmur. Sebuah perusahaan jasa pelintingan rokok yang berlokasi di Jl Raya Bojonegoro-Cepu Km 30 Desa Kebonagung Kec Padangan Kab Bojonegoro.
            Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1999 ini, pada akhir 2015 lalu berkesempatan memperoleh tropi dan piagam penghargaan dari Gubernur Jatim, Soekarwo. Atas prestasinya sebagai Perusahaan terbaik I Pembina Tenaga Kerja Wanita. Perhargaan tersebut diterima saat acara Peringatan Hari Ibu, Hari Disabilitas Nasional, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, di Gedung Negara Grahadi, 22 Desember 2015.
            “Perasaannya tentu senang. Ini berarti bahwa upaya kami dalam mengeola usaha dinilai baik oleh pemerintah,” ujar Riyanto dengan senyum sumringah ditemui usai acara.
            Menurut Riyanto, dalam mengelola usaha, perusahaannya memiliki visi misi yang dituangkan dalam program kerja (proker). Didalam proker tersebut, tidak ada satupun poin yang melanggar tata peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Formulasinya adalah berupaya semaksimal mungkin agar pekerja wanita itu hidupnya sejahtera.
            “Tenaga kerja kami sebanyak 1300 orang, yang hampir 99%nya adalah perempuan. Sehingga baik dalam kebijakan maupun fasilitas, kami berupaya memberikan akses yang bagus bagi mereka,” terang suami dari Mas’udah tersebut.
            Beberapa kebijakan seperti mendaftarkan seluruh tenaga kerja program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Gaji sesuai standar Upah Minimum Kab/Kota (UMK) ditambah sepuluh ribu, kemudahan perijinan cuti dua hari dengan gaji penuh, hingga kegiatan-kegiatan ekstra untuk pengembangan.
            Disamping itu, untuk kebutuhan khusus tenaga kerja wanita juga disediakan pojok laktasi bagi yang masih menyusui. Kedepan, perusahaan juga merencanakan adanya tempat penitipan bayi. Kendati masih terkendala perijinan. Mengingat usaha yang dikelolanya bersinggungan langsung dengan tembakau rokok.
“Sebagai sarana komunikasi aktif, kami juga rutin memberikan informasi terkait program dan kebijakan perusahaan. Termasuk jika ada keluhan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Jika dirasa keluhan yang diampaikan itu sangat penting bagi kesejahteraan pekerja pasti segera kami tindak lanjuti,” terangnya.
Program lain yang juga dilakukan PT Rukun Jaya Makmur untuk para pekerja dan warga sekitar, yakni mengefektifkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Seperti halnya menginisiasi pengadaan kredit perumahan bagi pekerja, kegiatan jambanisasi, hingga bantuan air bersih setiap musim kemarau.
“Yang jelas perusahaan sangat membutuhkan adanya tenaga kerja. Dan sebagai gantinya, perusahaan juga harus memperhatikan kesejahteraan pekerja,” pungkasnya. (hay)



BIODATA
Nama  : Drs H Riyanto
TTL      : Bojonegoro, 26 Oktober 1949
Alamat  : Jl Raya Bojonegoro-Cepu Km 30 Desa Kebonagung Kec Padangan Kab Bojonegoro
Istri      : Mas’udah
Anak    : 2 putra, 1 putri
Profesi : Dirut PT Rukun Jaya Makmur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar