Senin, 08 Februari 2016

Pandu Puji Hardini, Juara III Duta Kesehatan Remaja Prov Jatim 2015

BERUNTUNG BISA BELAJAR

Jika umumnya delegasi lomba Duta kesehatan remaja diambil dari siswa yang aktif di kegiatan kesehatan sekolah. Maka Puji, menjadi satu-satunya juara yang bahkan tidak memiliki basic sebagai tenaga kesehatan sekolah. Namun, hal itu tidak membuatnya patah arang untuk belajar dan akhirnya menjadi Juara III Duta Kesehatan Remaja Prov Jatim 2015.

Gadis belia tersebut nampak anggun dengan gaun semi kebaya berwarna Pink salem yang dikenakannya. Gurat senyum tak sedikitpun lepas darinya, kala menerima berbagai ucapan selamat atas prestasi yang diraih.
Adalah Pandu Puji Hardini, Juara III Duta Kesehatan Remaja Prov Jatim 2015. Ditemui usai Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 51 sekaligus Dirgahayu Ke 71 tahun RSUD dr Soetomo di Aula Kampus C Unair, 8 Desember 2015, Puji-panggilannya masih berbicara dengan terbata-bata karena gugup. Sesekali ia harus mengatur nafas agar suaranya tidak tercekat, lantas tersenyum lega dan bangga menceritakan pengalamannya.
Puji hanyalah satu dari sekian banyak siswa di SMAN 1 Jombang. Ia bahkan mengaku tidak aktif dalam kegiatan kesehatan sekolah, seperti halnya PMR maupun UKS. Satu-satunya hal yang barangkali berkaitan dengan kesehatan hanya sang ayah yang seorang perawat. Meskipun hal itu sama sekali tidak menjadikannya terdorong untuk aktif di kegiatan kesehatan sekolah.
Sehingga ketika dirinya ditunjuk sang guru untuk mewakili sekolah dalam lomba Duta Kesehatan remaja tingkat Kab Jombang, Puji mengaku shock dan bingung. Akan tetapi dirorong keinginannya untuk bisa membanggakan kedua orang tuanya, ia pun memantapkan diri mengikuti ajang tersebut. Ia pun berusaha dengan keras belajar berbagai hal khususnya kesehatan remaja.
“Menjelang pemilihan 10 besar saya sempat pesimis, kalau saya tidak mungkin masuk. tapi mengejutkan, ternyata salah terpilih sebagai salah satunya,” ujar Puji mengisahkan.
Kini, setelah berhasil meraih juara, Puji bertekad bahwa usahanya tidak akan berhenti sampai disini. Putri pasangan Mujianto dan Hariati tersebut berharap, bisa menjadi kader perubahan bagi remaja. Khususnya di Kab Jombang, ia bersama dengan dinas kesehatan terkait dan lembaga swadaya yang peduli terhadap kesehatan akan turut mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga kesehatan bagi remaja.
Masih maraknya kasus HIV/AIDS, Narkoba, hingga kenakalan remaja menjadi indikasi bahwa remaja belum sepenuhnya memiliki kepedulian yang tingga terhadap kesehatan dirinya. Sehingga tugasnyalah sebagai duta kesehatan remaja untuk bisa membaur ke masyarakat. Sehingga secara tidak langsung mensosialisasikan mengenai kesehatan, serta bagaimana mencegah hal-hal yang berkaitan dengan penularan penyakit dan lain sebagainya.
“Saya pikir saya cukup beruntung bisa menjadi bagian Duta Kesehatan Remaja. Saya banyak belajar dari teman-teman di kab lain yang mereka lebih menguasai materi-materi terkait kesehatan. Hal itu menjadi tambahn pengetahuan bagi saya untuk bisa menjalankan tugas saya sebagai Duta Kesehatan remaja,” tutur Puji penuh bangga. (ati)


BIODATA
Nama              : Pandu Puji Hardini
Alamat            : Dsn Kemuning Desa Tanggungan Kec Gudo Kab Jombang
Sekolah            : Kelas XI SMAN I Jombang
Ayah                : Mujianto

Ibu                   : Hariati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar