Jumat, 03 Oktober 2014

ABOUT IT 2 (Last Moment Karna)





Hanya dua kali Kunti bersenandung untuk Karna. Pertama ketika Karna dilahirkan sebelum kemudian dihanyutkan di Sungai Aswa (Gangga). Kedua sekaligus yang terakhir, di padang Kurusetra menjelang kematiannya.
Tangannya melambai, mencoba menggapaimu. Tapi dia tak berdaya bahkan sekedar mengangkat tubuhnya. Ia serupa bayi, bayi yang kau buang dulu. Dia tak meminta apapun, tidak harta, gelar, nama besar, ataupun kekuasaan. Ia hanya minta pengakuan dan hak untuk merebahkan kepalanya di pangkuanmu.


Nyawanya sudah di ujung mata panah putra ketigamu ibu. Ia hampir melepasnya. Lalu kau datang dan meneriakkan namanya, ia seperti terbangkit kembali mencari asal suaramu. Suara yang selalu dirindukan seumur hidup. Suara yang yang selalu terngiang di telinga meski tanpa dikenalnya. Suara yang menjadi alasan ketenangan tapi juga semua luka dihatinya. Ia merindukanmu ibu, melebihi semua anak di dunia ini.
Kau berikan haknya, di akhir kehidupannya. Lihatlah dia. Dia tersenyum menjemput mautnya. Bebannya telah sirna, sumpahnya telah tergenapi, hutangnya terlunasi, tugasnya pun telah usai. Tak ada lagi yang diingininya. Ia telah dapatkan dirimu, meski untuk sekali dan terakhir kalinya. Ia puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar